Rekayasa Perangkat Lunak

Ada beberapa catatan sewaktu saya kuliah smt 4 dulum kira-kira tahun 2008. ini catatan diketik ketika pelajaran sedang berlangsung, sokk diliat.. :)

Definisi Rekayasa
Engineering = rekayasa
1. pemakaian "science" untuk menyelesaikan "masalah praktis"
2. dari tidak ada menjadi ada

Definisi RPL
1. suatu disiplin yang mengintegrasikan proses/prosedur, metode,
dan perangkat tools untuk pembangunan perangkat lunak komputer.

2. pembentukan dan penggunaan prinsip rekayasa(engineering) untuk
mendapatkan perangkat lunak secara ekonomis namun andal dan dapat
bekerja secara efisien pada komputer( Fritz,bauer,1968)

3. penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin dan terstruktur
untuk pengembangan, operasi,dan pemeliharaan perangkat lunak (IEEE, 1993)


Langkah2 ::

1. menentukan persoalan
- objek oriented
- network
- komunikasi data
- intelegensi buatan
- image &grafika
- sistem informasi
- teknik penyelesaian persoalan
- matematika
2. rekayasa perangkat lunak
3. membuat coding
- Alpro
- dasar pemrograman
4. compilator
- teori bahasa
- sistem operasi
5. bahasa mesin
6. penyimpanan pada RAM
- struktur data
7. informasi ditampilkan
8. penyimpanan dalam hardisk


Tujuan RPL::
- Menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas
* sponsor (low cost, increased productivity, fleksibility)
* pemakai (functionality, ease of learning, ease of remembering, ease of use)
* modifier (mnimum errors, good documentation, readable code, good design)
* sponsor & pemakai (eficiency)
- sponsor :: hemat biaya
- pemakai :: efektif digunakan
* sponsor, pemakai & modifier (reliability)
- dapat dipercaya
jika tidak::
- sponsor : kerugian karena tidak dipercaya
- pemakai : menambah kerjaan
-
- biaya efisien
- tepat waktu


// 19 september 2008
====================

Atribut software yang berkualitas ::
* software harus memberikan fungsionalitas yang dibutuhkan, performasi bagi user,
maintainable, dependable, and acceptable

- maintainability
harus tumbuh/meningkat agar sesuai kebutuhan
- dependability
dapat dipercaya
- efficiency
tidak mengakibatkan pemborosan penggunaan sumber daya sistem
- acceptability
diterima user :
* mudah dimengerti
* mudah dipakai
* kompatible dg sistem


== tantangan engineering ::

* heteroginity
- dapat mengatasi berbagai platform dan lingkungan ekskusi
* delivery
- mengembangkan teknik untuk mendorong agar mempercapat penyerahan software
* trust
- dapat dipercaya user


== tanggung jawab profesi dan etika

* melibatkan tanggun jawab
* engineer harus jujur dan tanggung jawab etika
* perilaku etis lebih dari sekedar menegakkan hukum


== tanggung jawab profesi dan etika

* confidentality
- menghormati kerhasiaan klien dan tidak tergantung ada tidaknya perjanjian formal
* competence
- tidak salah menggambarkan kemampuan, dan tidak menerima pekerjaan diluar kemampuan
* intelectual property rights
- menghormati peraturan pemerintah misalkan hak cipta
* computer misuse
- menyalah gunakan komputer, misal : maen game or memasukkan virus


== mitos perangkat lunak

* berkaitan dengan pihak managemen
- mitos :punya buku berisi standar dan prosedur pengembangan RPL
real : lengkap tapi tidak digunakan

- mitos : punya alat bantu canggih dan komputer terbaru
real : software lebih penting dari hardware

* berkaitan dengan klien


TUGAS::
- apakah yang dimaksud dengan uml?
- modifikasi waterfall rekayasa perangkat lunak?


// 26 september 2008
====================

RPL sebagai teknologi berlapis
------------------------------

lapisan dalam software engineering ::

1. tools ==> contoh visio
- untuk mempercapat proses
2. method
3. process
4. a quality focus
- fokus pada kualitas yg dihasilkan


Linier model
------------
Analysis ==> design ==> code ==> test

1. analysis
- biasanya survei ke lapangan
- review
- hasilnya adalah serangakian deskripsi

2. coding
- penerjemahan dalam bentuk yang dimengerti mesin

3. testing
- untuk mencari kesalahan

4. pemeliharaan (maintainance)
- corective maintanace
untuk mencari kesalahan sisa
- adaptive maintanance
untuk menyesuaikan dg lingkungan baru
- perektive maintanance
untuk penambahan fungsi tambahan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar